Pekerja Freeport Dipecat, MRP Sarmi Nantikan Realisasi Surat Gubernur

Andi Mohammad Ikhbal ยท Rabu, 06 Maret 2019 - 23:00 WIB
Pekerja Freeport Dipecat, MRP Sarmi Nantikan Realisasi Surat Gubernur
Anggota MRP Sarmi, Yakonias Wabrar, bertemu dengan para pekerja PT Freeport asal Papua. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Para pekerja asal Papua yang dipecat PT Freeport Indonesia menyampaikan keluhan mereka ke Anggota Majelis Rakyat Papua ( MRP ) Utusan Wilayah Adat Sarmi-Mamberamo Raya, Yakonias Wabrar.

Yakonias mengatakan, mereka sekarang ini sedang menanti realisasi Surat Gubernur Papua, Lukas Enembe. Dalam surat itu, dia meminta PT Freeport Indonesia mempekerjakan kembali para karyawan tersebut.

"Saya prihatin sekali. Sangat mengherankan, mengapa bisa putra asli Papua justru tak mendapat kerja di tanah leluhurnya sendiri," kata dia dalam siran pers yang diterima iNews.id, Rabu (6/3/2019).

Dia juga berterima kasih ke Lembaga Penegakan Hukum dan HAM Lokataru. Mereka masih setia mendampingi para pekerja PT Freeport ini untuk memperjuangkan hak-haknya di Jakarta.

Setelah mendengar keluhan dan aspirasi para pekerja tersebut, pihaknya akan menyampaikan ini ke dalam forum Lembaga Majelis Rakyat Papua. Supaya masalah ini bisa dibahas lebih detail, serta memberikan dukungan atas kebijakan Gubernur Papua.

"Saya sangat mendukung kebijakan Pak Lukas Enembe, sebagaimana surat yang dilayangkan ke Freeport," ujar dia.

Sebelumnya, ribuan karyawan PT Freeport dipecat setelah melakukan aksi mogok memprotes kondisi kerja. Kini mereka berada di Jakarta untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah sebagai pemegang saham terbesar.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal