Pemekaran Papua Barat Daya Belum Direstui, DOB Fokus untuk Kabupaten dan Kota

Antara ยท Minggu, 04 April 2021 - 13:15:00 WIT
Pemekaran Papua Barat Daya Belum Direstui, DOB Fokus untuk Kabupaten dan Kota
Unjuk rasa untuk pemekaran Papua Barat Daya. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

MANOKWARI, iNews.id - Majelis Rakyat Papua Barat belum merekomendasikan pemekaran untuk Papua Barat Daya. Pembentukan daerah otonomi baru (BOB) yang didorong sementara ini fokus untuk kabupatan dan kota.

Ketua Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), Maxsi Nelson Ahoren mengatakan, dukungan ini tentunya sesuai aspirasi masyarakat adat di daerah.

"Kami fokus mendorong pembentukan DOB kabupaten/kota. Kalau DOB Provinsi Papua Barat Daya belum kami rekomendasikan," kata Maxsi di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Minggu (4/4/2021).

Sejumlah DOB kabupaten/kota yang diusulkan, kata dia, Manokwari Barat, Manokwari, Kokas, Raja Ampat Utara dan Maybrat Sau. Sejumlah daerah ini akan dipersiapkan menjadi kabupaten, dimekarkan daerah daerah induk.

"Kami utamakan aspirasi DOB kabupaten dan kota, agar dipersiapkan lebih dulu sebelum merekomendasikan DOB Provinsi Papua Barat Daya," ujarnya.

Sementara itu Bupati Manokwari, Hermus Indou, mendukung pembentukan DOB Manokwari dan DOB Kabupaten Manokwari Barat. Bahkan diakuinya, pemekaran daerah ini masuk dalam rencana pembangunan jangka menengan daerah.
 
"DOB kotamadya Manokwari dan Manokwari Barat telah kami masukkan dalam RPJMD untuk diperjuangkan," kata dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal