Pemerintah Alokasikan Rp12 Miliar untuk 500 Guru di Lanny Jaya Papua

Antara · Kamis, 15 April 2021 - 18:28:00 WIT
Pemerintah Alokasikan Rp12 Miliar untuk 500 Guru di Lanny Jaya Papua
Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom. (ANTARA/Humas Pemkab Lanny Jaya)

JAYAPURA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lanny Jaya mengalokasikan dana sekitar Rp12 miliar bagi tenaga pendidik atau guru relawan yang baru dikontrak. Mereka dikhususnya bagi yang merupakan orang asli daerah setempat.

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom mengatakan, pihaknya mengakui jika biayanya besar karena mendekati Rp12 miliar. Namun hal tersebut merupakan persoalan daerah sehingga pemerintah tidak boleh menutup mata.

"Jadi apa pun akan saya lakukan untuk itu. Mungkin kami akan menggeser anggaran belanja-belanja untuk tahun ini lalu menganggarkan untuk membiayai para guru tersebut," katanya, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya, ke depan dengan adanya guru relawan ini, jika masih ada tenaga pendidik yang malas mengajar, sudah tentu akan tersisih. Kalau ditemukan ada guru yang malas selama ini, tunjangan dan intensifnya akan dipotong.

"Ada sekolah yang memiliki ASN tapi tidak ada gurunya mengajar, terutama di titik-titik terjauh, jadi kebijakan saya menerima sarjana-sarjana yang belum mendapatkan pekerjaan ini dan menjadikannya guru relawan yang sudah diseleksi secara ketat," ujarnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2