Pemkot Jayapura Siap Siaga Hadapi Fenomena La Nina

Edy Siswanto ยท Rabu, 25 November 2020 - 13:55:00 WIT
Pemkot Jayapura Siap Siaga Hadapi Fenomena La Nina
Apel kesiapsiagaan tim gabungan untuk antisipasi fenomena La Nina. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

JAYAPURA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura menggelar apel kesiapsiagaan untuk menghadapi fenomena La Nina. Apel tersebut dipimpin Wali Kota Benhur Tomy Mano di Lapangan Papua Trade Center (PTC).

Wali Kota Jayapura, Benhur mengatakan, kesiapsiagaan dilakukan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan akibat fenomena La Nina pada akhir 2020 dan awal tahun 2021.

"Kami mengecek kesiapan personel dan melakukan simulasi penanggulangan bencana. Karena Kota Jayapura juga masuk kategori rawan bencana," kata Wali Kota Benhur, Selasa (24/11/2020).

Dengan apel ini, semua elemen dipastikan harus sudah siap bila nantinya terjadi banjir, tanah longgsor atau gelombang tinggi di perairan Kota Jayapura. Tim pun harus siap untuk penanganannya.

Balai Kota Jayapura nantinya akan menjadi posko pusat penanganan bencana. Sementara beberapa titik lainnya menjadi pos penunjang.

"Kita akan antisipasi dan penanganan secara cepat, pertama untuk keselamatan korban, posko dan penanganan sesuai protap termasuk makan minum dan lainnya kita lakukan cepat," ujar dia.

Menurut dia, antisipasi fanomena La Nina sudah dilakukan oleh tim terpadu yang dikoordinasikan oleh Wakil Wali Kota Jayapura Rustam Sarru.

"Pengerukan drainase dan kali sudah dilakukan untuk antisipasi jika intensitas hujan semakin tinggi. Karena laporan BMKG hingga kondisi ini bisa terjadi hingga Maret 2021," ujar dia.

Personel gabungan yang disiapkan dalam penanganan potensi bencana La Nina ini mencapai 900 orang, terdiri atas anggota TNI-Polri, BPBD, Basarnas dan petugas serta relawan lainnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal