Penembakan di Distrik Ilaga, KKB Diduga Kesal karena Tak Didukung Warga

SM Said ยท Minggu, 22 November 2020 - 11:55:00 WIT
Penembakan di Distrik Ilaga, KKB Diduga Kesal karena Tak Didukung Warga
Kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Papua. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) diduga menjadi dalang penembakan di sekitar Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Motif mereka karena kesal tak mendapat dukungan dari warga.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi Suriastawa mengatakan, hasil analisa sementara pelakunya memang KKB.

"Aksi brutal KKB ini bermotif intimidasi kepada masyarakat karena tidak mendapat dukungan dari masyarakat setempat," kata Kolonel Suriastawa saat dikonfirmasi di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (21/11/2020).

Menurut dia, aksi KKB terhadap warga asli Papua tersebut merupakan upaya untuk memutarbalikkan fakta dengan menuduh aparat keamanan sebagai pelakunya.

"Motif pemutarbalikan fakta dan playing victim melalui media massa selalu menjadi trik dari mereka yang pro KKB untuk menyudutkan pemerintah," katanya.

Sebelumnya dua orang menjadi korban penembakan orang tak dikenal yang diduga KKB. Satu orang meninggal dunia dan seorang lagi dalam kondisi kritis.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal