Pengamanan Terpadu di Papua, TNI-Polri Akan Tegas Tindak Aksi KKB

Antara · Selasa, 16 Februari 2021 - 11:15:00 WIT
Pengamanan Terpadu di Papua, TNI-Polri Akan Tegas Tindak Aksi KKB
Personel TNI-Polri patroli di Ilaga. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, memilih langkah pengamanan terpadu di wilayah Papua. Namun personel TNI-Polri tetap akan menindak aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) bila mereka mengganggu kondusivitas daerah.

Irjen Pol Waterpauw enggan ambil pusing dengan tantangan perang terbuka KKB. Meski tim gabungan siap meladeni mereka. Namun dikhawatirkan komplotan tersebut malah melibatkan warga sipil ketika kontak senjata.

"Kami siap, tapi apakah nantinya KKB bisa dipastikan tidak melibatkan warga sipil?" kata Irjen Pol Waterpauw di Kota Jayapura, Papua, Senin (15/2/2021).

Menurut dia, kepolisian terus berkoordinasi dengan TNI untuk pengamanan terpadu. Namun tim gabungan ini tak segan-segan memberikan tindakan tegas dan terukur terhadap KKB yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Untuk di Kabupaten Intan Jaya, Kapolda mengatakan, daerah tersebut memang memiliki karakteristik yang berbeda dengan wilayah di pegunungan tengah Papua lainnya.

Selain letak geografis dan kondisi alam, Kabupaten Intan Jaya juga mempunyai jumlah penduduk yang sedikit.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Intan Jaya sudah menyiapkan tempat untuk menampung personel yang akan ditugaskan di sana. Selaun itu ada kendaraan operasional untuk di wilayah Sugapa.

"Kendaraan operasional saat ini sudah berada di Sugapa dan diharapkan dapat memudahkan kegiatan anggota dalam melaksanakan tugasnya," ujar Irjen Pol Waterpauw.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: