Pengeroyokan Ajudan Kapolres Disebabkan Insiden di Lanny Jaya

Chanry Andrew Suripatty ยท Rabu, 20 Februari 2019 - 09:36 WIB
Pengeroyokan Ajudan Kapolres Disebabkan Insiden di Lanny Jaya
Ilustrasi penyerangan warga di Papua. (Foto: Dok iNews).

JAYAPURA, iNews.id - Aksi penyerangan terhadap ajudan Kapolres Jayawijaya, Briptu Agus Dalyono disebabkan karena masalah dendam. Massa diduga merasa kesal dengan polisi karena telah membuat kepala kampung dari Lanny Jaya meninggal dunia.

Menurut Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya mengatakan, pemukulan ini buntut dari persoalan di Kabupaten Lanny Jaya beberapa waktu lalu.

"Saat itu oknum kepala kampung sempat melakukan pemalangan terhadap seorang anggota dan mengeroyoknya," kata Tonny saat dikonfirmasi wartawan di Kota Jayapura, Papua, Rabu (9/2/2019).

Kemudian, kepala kampung itu memprovokasi massa dan menyerang Polres Lanny Jaya. Aparat pun mengeluarkan tembakan peringatan dan meleset mengenai kepala kampung.

Korban kemudian dilarikan ke RSUD Wamena untuk perawatan intensif. Namun, selang beberapa hari kepala kampung tersebut sudah dibolehkan pulang ke rumah.

"Saat pulang, kepala kampung itu terjatuh lagi di rumahnya sehingga harus kembali dirawat. Tapi ada kabar jika kepala kampung itu meninggal, sehingga saya memerintahkan anggota untuk mengecek ke sana (rumah sakit)," ujar dia.

Namun di sana, ajudan Kapolres yang ditugaskan malah dikeroyok massa, sehingga harus mendapat perawatan intensif. Mendapat laporan tersebut, para pelaku pun diamankan.

"Saya juga sudah diperintahkan Kapolda Papua untuk membantu Polres Lanny Jaya, mengantisipasi hal–hal yang tidak diinginkan," kata Kapolres Jayawijaya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal