Perbaikan Segera Rampung, Jaringan Komunikasi saat PON Papua Dipastikan Normal

Antara ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 14:45:00 WIT
Perbaikan Segera Rampung, Jaringan Komunikasi saat PON Papua Dipastikan Normal
Foto rapat bersama PON Papua. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Pelaksanaan PON Papua dipastikan akan didukung jaringan komunikasi yang baik. Karena perbaikan kabel bawah laut ruas Biak-Jayapura yang sempat terputus akan segera rampung.

Menkominfo, Johnny G Plate mengatakan, perbaikan kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) selesai bulan ini, sehingga saat PON berlangsung akses telekomunikasi sudah normal.

"Dukungan telekomunikasi pada saat penyelenggaraan PON tetap dapat dilakukan dengan baik karena pemulihan kabel laut sudah selesai," kata Jhonny dalam jumpa pers virtual, Senin (7/6/2021).

Kominfo juga berkoordinasi dengan pihak operator seluler untuk memberikan dukungan bandwidth yang cukup saat penyelenggaraan PON. Dengan begitu tidak ada masalah terkait jaringan komunikasi di Papua.

Sebelumnya terjadi gangguan telekomunikasi di Jayapura akibat putusnya kabel bawah laut ruas Biak-Jayapura pada 30 April lalu. Penyebabnya diduga karena faktor alam.

"Dapat saya berikan konfirmasi bahwa putusnya kabel di ini adalah sepenuhnya menjadi kendala teknis, bukan faktor non-teknis," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal