Pesawat Dimonim Air Berpenumpang 9 Orang Hilang Kontak di Oksibil

Isna Rifka Sri Rahayu, iNews ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 16:58 WIB
Pesawat Dimonim Air Berpenumpang 9 Orang Hilang Kontak di Oksibil
Pesawat PK-HVQ milik PT Marta Buana Abadi (Dimonim Air). (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNews.idPesawat perintis jenis PK-HVQ milik PT Marta Buana Abadi (Dimonim Air) hilang kontak saat penerbangan dari Bandar Udara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, menuju Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu (11/8/2018).

Pesawat yang dipiloti Leslie Sevuve dan co pilot Wayan Sugiarta itu, membawa tujuh penumpang. Pesawat berangkat pukul 13.42 WIT dan seharusnya tiba di Oksibil sekitar pukul 14.00 WIT. Namun, hingga kini pesawat belum tiba.

Informasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pesawat melakukan kontak pertama kali dengan Tower Oksibil pada pukul 14.11 WIT. Personel ATC selanjutnya memberikan informasi cuaca dan kondisi runway. Pukul 14.17, pesawat PK-HVQ melaporkan posisi overhead ketinggian 7.000 feet.

Setelah posisi overhead tersebut, Tower Oksibil mencoba melakukan komunikasi dengan pesawat PK-HVQ namun tidak berhasil. Personel Tower Oksibil juga tidak dapat melakukan komunikasi keluar area Oksibil dengan menggunakan telepon seluler karena kondisi sinyal.

Kantor Otoritas Bandara Wilayah X Merauke telah berkoordinasi dengan perwakilan KNKT di Sentani dan Kantor SAR terkait kejadian ini. Posko bersama segera dibentuk untuk melakukan pencarian dan penyelamatan.

“Saat kejadian cuaca kurang bagus, sekarang juga masih kurang bagus. Jadi kami baru bisa mulai pencarian besok. Tapi saat ini sudah mulai dicari Tim SAR,” kata Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Sindu Rahayu.


Editor : Maria Christina