Pilkada Pegunungan Arfak, Paslon Petahana Lawan Kotak Kosong

Antara · Selasa, 22 September 2020 - 19:37:00 WIT
Pilkada Pegunungan Arfak, Paslon Petahana Lawan Kotak Kosong
Bakal Paslon Yosias-Marinus saat mendaftar di KPUD Pegunungan Arfak belum lama ini untuk maju sebagai kandidat di pilkada daerah tersebut. (Foto: Antara)

MANOKWARI, iNews.id - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, hanya akan diikuti satu pasangan calon (paslon), yakni Yosias Saroi-Marinus Mandacan (Yosmar). Paslon petahana itu dipastikan bakal melawan kotak kosong.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pegunungan Arfak Yosak Saroi mengatakan, KPUD sebelumnya sudah memperpanjang masa pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah peserta Pilkada Serentak 2020. Namun, selama tiga hari pendaftaran, tidak ada paslon lain yang mendaftar.

"Kami sudah memperpanjang tahapan pendaftaran selama tiga hari. Hingga batas akhir pendafaran ditutup, hanya satu pasangan bakal calon yang mendaftar," kata Yosak Saroi di Manokwari, Selasa (22/9/2020).

Yosak menyebutkan, pada pemungutan suara Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, pasangan tersebut akan berhadapan dengan kotak kosong. Penetapan calon peserta Pilkada Kabupaten Pegunungan Arfak akan dilaksanakan pada Rabu (23/9/2020) besok.

Dia menjelaskan, setelah menjalani tahap pendaftaran, bakal paslon Yosmar telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasil pemeriksaan petugas medis Rumah Sakit dr Azhar Zahir TNI Angkatan Laut Manokwari, baik Yosias maupun Marinus dinyatakan sehat. KPUD juga sudah melakukan verifikasi faktual.

"Dengan demikian kami akan melangkah pada tahapan berikutnya, yakni penetapan calon yang akan dilaksanakan besok (Rabu 23/9/2020). Selanjutnya, penarikan nomor urut akan dilaksanakan pada Kamis (24/9/2020)," kata Yosak.

Yosak menambahkan, KPUD Pegunungan Arfak telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) di daerah tersebut sebanyak 33.374 pemilih. Adapun pemilih laki-laki sebanyak 17.197 orang dan pemilih sementara perempuan 16.177 orang.

"Kami berharap seluruh pemilih menyalurkan hal suaranya pada 9 Desember mendatang di Pegunungan Arfak," katanya.

Editor : Maria Christina