Polisi Amankan 1 Ikat Busur dan Anak Panah di Bandara Mozes Kilangin

Nathan Making ยท Rabu, 04 Juli 2018 - 23:07:00 WIT
Polisi Amankan 1 Ikat Busur dan Anak Panah di Bandara Mozes Kilangin
Petugas Polsek Kawasan Udara menunjukkan barang bukti berupa satu ikat busur yang diamankan saat razia senjata tajam di Bandara Internasional Moses Kilangain, Timika. (Foto: iNews.id/Nathan Making)

TIMIKA, iNews.id – Petugas Polsek Kawasan Udara mengamankan satu ikat busur dan anak panah saat razia senjata tajam (sajam) di Bandara Internasional Moses Kilangin Timika, Papua, Rabu (4/7/2018).

Petugas merazia seluruh penumpang pesawat setelah mendapat informasi bahwa warga yang tiba di Timika dari daerah pegunungan membawa peralatan tajam beruapa busur dan anak panah.

Razia yang dipimpin Kapolsek Bandara Ipda Robert T ini akhirnya membuahkan hasil. Petugas mengamankan satu ikat anak panah beserta busur yang telah dibungkus rapi menggunakan kertas plastik.

Barang bukti (BB) tersebut langsung diamankan dan diserahkan ke Polres Mimika untuk didata. Polisi sempat menanyakan kepada penumpang siapa pemilik barang tersebut, namun tidak seorang pun penumpang yang berani mengaku. Anak panah dan busur merupakan alat perang tradisional yang dipakai warga Kwamki Narama untuk berperang.

Kapolsek Bandara Ipda Robert T mengatakan kepolisian bandara akan melakukan sweeping terhadap setiap pesawat perintis yang masuk ke Timika. Tujuannya, untuk mencegah masuknya peralatan tradisional dari daerah-daerah pegunungan Papua.

"Setiap kali ada pesawat perintis yang masuk ke Timika, maka kami akan melakukan sweeping untuk mengamankan panah dan busur serta benda tajam lainnya,” kata Kapolsek Ipda Robert T.

Kapolsek mengimbau kepada setiap penumpang pesawat perintis agar jangan membawa benda tajam berupa panah,busur, dan parang. Jika kedapatan ada penumpang yang membawa barang terlarang itu, polisi akan menindak tegas.

"Jika kami temukan ada penumpang yang membawa busur atau peralatan tajam lainnya ke Timika, akan kami proses karena kami tahu barang-barang itu akan dibawa ke warga Kwamki untuk berperang,” kata Kapolsek.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: