Polisi Tangkap 9 Orang Komplotan Maling Bermodus Angkut Motor ke Dalam Mobil

Antara ยท Kamis, 23 April 2020 - 14:20:00 WIT
Polisi Tangkap 9 Orang Komplotan Maling Bermodus Angkut Motor ke Dalam Mobil
Polisi menangkap 9 orang komplotan maling motor di Nabire. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Polisi menangkap sembilan orang komplotan maling motor yang sudah kerap beraksi di Kabupaten Nabire, Papua. Mereka diamankan bersama barang bukti di antaranya 17 unit motor hasil curian.

Kapolres Nabire, AKBP Sonny M Nugroho mengatakan, para pelaku diamankan secara terpisah. Berawal dari penangkapan empat pelaku berinisial MFK, FE, RMA dan JM. Mereka dilaporkan telah mencuri ampifire atau pengeras suara di Musala Baiturahim Bumi Wonorejo pada 16 Maret lalu.

"Dari pemeriksaan keempat pelaku, ternyata masih ada tersangka lainnya," kata AKBP Sonny saat dikonfirmasi di Kota Jayapura, Papua, Kamis (23/4/2020).

Anggota Satreskrim Polres Nabire kemudian menangkap kelima orang lainnya, masing-masing berinsial AB, ATM, MT, ZA dan IH. Kesembilan pelaku ini masih satu komplotan yang sudah berkali-kali beraksi.

Mereka melakukan aksi pencurian dengan modus memantau motor dan barang-barang berharga lainnya ketika korban sedang lengah. Sedangkan untuk pencurian motor, target mereka kendaraan yang tidak terkunci stang.

"Motor kemudian didorong dan dinaikkan dalam mobil minibus," ujar dia.

Komplotan maling ini juga beraksi di berbagai wilayah secara acak. Mulai dari Distrik Mikimi, Yaur, Nabire hingga Siriwo dengan cara mobile atau bergerak menggunakan mobil.

Dari tangan para pelaku, kata dia, polisi mengamankan satu unit mobil Avanza warna silver yang digunakan untuk melakukan pencurian, 17 unit sepeda motor, lima unit motor jonson 15PK, tiga unit motor jonson 40 PK, dan satu unit mesin cuci

Lalu, dua unit mesin babat, satu unit mesin chainsaw, satu unit amplifier, dua unit laptop, satu unit kompresor, satu unit TV, 53 karton keramik, 49 lembar seng, dua unit gerobak, dua unit mesin katinting. Lalu satu unit diesel, tiga unit genset, satu unit alkon, dan dua unit solar sell.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal