PPKM Mikro Mulai Berlaku di Papua, Ini Aturan yang Bakal Diterapkan

Antara ยท Selasa, 06 April 2021 - 10:15:00 WIT
PPKM Mikro Mulai Berlaku di Papua, Ini Aturan yang Bakal Diterapkan
Anggota polisi di Jayapura edukasi warga soal penanganan Covid-19. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menerbitkan payung hukum untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Ada penambahan lima daerah yang menerapkan kebijakan ini, termasuk Papua.

Perpanjangan PPKM Mikro ini mengacu Instruksi Mendagri No 7 Tahun 2021. Berlaku mulai hari ini, Senin (6/4/2021) sampai 19 April mendatang.

"Pertimbangan berakhirnya masa berlaku pembatasan berdasarkan pencapaian target pada kelima parameter selama 12 pekan berturut-turut." tulis dalam Instruksi Mendagri tersebut.

Dalam Inmendagri tersebut dijelaskan pemberlakuan PP Mikro dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga ke tingkat RT.

Kebijakan PPKM Mikro mengizinkan kegiatan makan dan minum di restoran serta kegiatan rohani di tempat ibadah dengan pembatasan kapasitas warga sebanyak 50 persen dan disertai penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

Selain itu, pembatasan jam operasional untuk pusat perbelanjaan kini berlaku hingga pukul 21.00 dengan disertai penerapan protokol kesehatan lebih ketat. Kegiatan konstruksi juga boleh berlangsung 100 persen dengan protokol kesehatan.

Sementara itu, kegiatan sosial budaya yang berpotensi menimbulkan kerumunan dihentikan sementara. Untuk kegiatan belajar mengajar berlangsung secara daring dan tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal