Prajurit TNI AL Selamatkan Korban Perahu Tenggelam di Selat Sele Sorong

Andi Mohammad Ikhbal ยท Minggu, 06 September 2020 - 21:59:00 WIT
Prajurit TNI AL Selamatkan Korban Perahu Tenggelam di Selat Sele Sorong
Prajurit TNI AL melakukan patroli laut. (Foto: Antara)

SORONG, iNews.id – Prajurit TNI AL yang tergabung dalam KRI Albakora-867 mengevakuasi seorang nelayan, Awud Waroke (38) di perairan Selat Sele utara Pulau Wawya, Sorong, Papua Barat, Minggu (6/9/2020). Nelayan tersebut sebelumnya terapung-apung selama berjam-jam karena perahunya terbalik.

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto mengatakan, KRI Albakora-867 yang dikomandani Mayor Laut (P) Joko Ariyanto menemukan perahu terbalik dan satu orang korban ketika sedang melaksanakan operasi keamanan laut sehari-hari pada posisi 0°58.5S-131°12.6T atau sekitar enam mil laut dari Sorong, Minggu (6/9/2020).

“Pengawas melaporkan benda terapung yang mencurigakan. Selanjutnya Perwira Jaga mengambil aksi untuk mendekati benda terapung yang mencurigakan tersebut. Setelah tiba di lokasi kejadian pada posisi 0°58.5S-131°12.6T, didapati satu buah perahu kondisi telah terbalik dengan satu orang korban,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

KRI Albakora-867 menurunkan Sea Rider untuk melaksanakan evakuasi dan pertolongan pertama terhadap korban dan berhasil dievakuasi dengan kondisi tingkat kesadaran 50 %. Selanjutnya dilaksanakan pengecekan dan pertolongan pertama oleh Bintara Kesehatan KRI Albakora-867 dalam keadaan baik dan tidak ada tanda-tanda cedera. “Perahu dan pemiliknya Awud Waroke diamankan di geladak KRI Albakora-867 dan tiba dengan selamat di demaga Sagewin Lantamal XIV Sorong,” ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki