PT Freeport Sumbangkan 500 Unit Alat Rapid Test Antigen ke Dinkes Mimika

Antara ยท Jumat, 23 Oktober 2020 - 13:10:00 WIT
PT Freeport Sumbangkan 500 Unit Alat Rapid Test Antigen ke Dinkes Mimika
Ilustrasi alat rapid testkit buatan Indonesia. (Foto: Antara)

TIMIKA, iNews.id - PT Freeport Indonesia menyumbangkan 500 unit alat rapid test kepada Dinas Kesehatan Mimika. Alat tersebut jenis antigen yang memiliki spesifisitas mencapai 98 persen dalam mendeteksi virus.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra mengatakan, ketersediaan rapid test sangat penting untuk segera mendeteksi kasus, terutama dari kontak-kontak erat dengan para pasien positif.

"Kasus Covid-19 di Mimika masih tinggi. Sementara ada keterlambatan mulai dari pengambilan sampel spesimen swab sampai pada pemeriksaan dan pengumuman hasilnya," kata Reynold di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (23/10/2020).

Kondisi ini bisa disiasati dengan deteksi awal dengan rapid test antigen. Pemeriksaan ini juga dapat mengurangi beban dan kapasitas pemeriksaan di Klinik PCR PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, maupun yang dirujuk ke Jayapura.

"Kontak tracing dari pasien positif akan terus kami lakukan. Mereka yang hasil pemeriksaan rapid testnya reaktif diusulkan untuk pemeriksaan swab," ujar dia.

Sementara bagi mereka yang hasilnya negatif, kata dia, disarankan untuk karantina sehat. Lalu menjalani swab kembali pada hari ke-14 untuk memastikan statusnya.

Sejak pekan lalu, peralatan atau mesin PCR milik RSUD Mimika mengalami kerusakan. Karena itu sampel spesimen swab dirujuk ke Jayapura untuk diperiksa di Labkes Provinsi Papua dan Puslitbangkes.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal