Puluhan Rumah di Jayapura Terbakar, 2 Orang Luka-Luka

Chanry Andrew Suripatty · Senin, 19 Oktober 2020 - 23:15:00 WIT
Puluhan Rumah di Jayapura Terbakar, 2 Orang Luka-Luka
Puluhan rumah di Distrik Jayapura, Kota Jayapura ludes terbakar, Senin (19/102020) malam. (Foto: iNews/Andrew Chanry Suripatty)

JAYAPURA, iNews.id – Puluhan rumah di kawasan padat penduduk Dok IX, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Senin (19/10/2020) malam ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah itu, namun puluhan warga kehilangan tempat tinggal.

Kobaran api dengan cepat meluluhlantakan puluhan rumah karena mayoritas terbuat dari papan kayu. Kondisi itu ditambah angin yang bertiup kencang.

Kapolsek Jayapura Utara, Iptu Handry Bawiling mengatakan, informasi dari warga setempat kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIT. 

"Saya mendapat informasi dari warga sekitar melalui telepon seluler pada pukul 18.00 WIT, bahwa telah terjadi kebakaran di sekitar pasar inpres tanjung ria. Tepatnya di kampung tengah,” katanya.

Menurut Iptu Handry, dari informasi awal api diduga dari rumah salah seorang pedagang nasi kuning. Awalnya hanya tiga rumah yang terbakar, namun kencangnya angin membuat api cepat merembet ke rumah lainnya. 

"Api itu dari rumah pedagang nasi kuning, atas nama mama Nia. Api terus berkobar merembet ke rumah-rumah lainnya,” kata Handry.

Dari pendataan sementara, kata dia, total ada 40 rumah yang terbakar. Kondisi rumah tersebut hampir sebagian besar berdempetan.

"Dari data awal yang kami dapat ada sekitar 35-40 rumah yang terbakar. Untuk korban luka dua orang dan sudah dievakuasi,” ucapnya.

Untuk memadamkan kobaran api, sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Jayapura dibantu mobil watercannon dari Polda Papua dan Polres Jayapura Kota dikerahkan. 

Editor : Kastolani Marzuki