Putra Papua Letkol Christian FR Ireeuw Pimpin Dandim 1715/Yahukimo

Antara ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 08:48:00 WIT
Putra Papua Letkol Christian FR Ireeuw Pimpin Dandim 1715/Yahukimo
Dandim Yahukimo Letkol Christian FR Ireeuw saat serah terima jabatan dari pejabat lama Letkol Eko Budi S, Rabu (5/8/2020). (Foto: Humas Kapendam XVII/Cenderawasih)

JAYAPURA, iNews.id - Letkol Christian FR Ireeuw dilantik menjadi Dandim 1715/Yahukimo, Papua. Dia menggantikan Letkol Arm Eko Budi S.

Letkol Christian FR Ireeuw merupakan putra asli kelahiran Papua. Dia berasal dari Kampung Tobati, Kota Jayapura.

"Berarti doa masyarakat Port Numbay mengiringi Letkol Christian untuk menjadi Dandim di sana. Kita harus bangga karena putra asli Port Numbay dapat menjabat Dandim 1715 Yahukimo," tutur Danrem 172/Praja Wira Yakthi, Papua, Brigjen Izak Pangemanan saat memimpin serah terima jabatan di Jayapura, Rabu (5/8/2020).

Dia mengatakan, walaupun Letkol Christian tidak memimpin daerah kelahirannya di Port Numbay, namun dirinya yakin alumni Sekolah Perwira Prajurit Karier tahun 1997 itu bisa membangun dan memajukan daerah yang menjadi tanggung jawabnya kini.

Selain serah terima Dandim 1715/Yahukimo, juga dilaksanakan serah terima jabatan Dandim 1712/Sarmi dari Letkol Inf Jerry Mailoa kepada Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi.

Izak menyampaikan agar kedua Dandim yang baru serah terima tersebut tetap mengedepankan pendekatan kesejahteraan dan pendekatan secara keagamaan dalam tugas menjaga stabilitas keamanan.

"Kedua Kodim ini masing-masing memiliki kekhususan sendiri-sendiri termasuk dalam hal gangguan kelompok bersenjata. Penekanan saya agar dalam menyelesaikan konflik nantinya harus dengan pendekatan kesejahteraan, karena sesungguhnya kesejahteraan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ujarnya.

Begitu juga komunikasi dengan kelompok sipil bersenjata harus dibangun komunikasi secara intens, lanjutnya, agar tidak mengganggu proses pembangunan yang sedang berlangsung oleh pemerintah daerah yang dibantu oleh TNI dan juga aparat teritorial.

"Bangun komunikasi, kenali mereka, dekati mereka dan layani mereka sehingga masyarakat yang ada di wilayah akan merasakan keberadaan TNI di wilayah tersebut," katanya.

Editor : Reza Yunanto