Raih Medali Emas, Binaragawan asal Papua Ungkap Rahasia Tambah Masa Otot

Antara ยท Selasa, 05 Oktober 2021 - 09:20:00 WIT
Raih Medali Emas, Binaragawan asal Papua Ungkap Rahasia Tambah Masa Otot
Atlet Papua peraih emas binaraga di kelas 75 kg PON XX/2021 Edoardus Apcowo. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Atlet peraih medali emas asal Papua mengungkap rahasia menambah masa otot. Binaragawan ini menyebut makanan kaya protein yang dikonsumsinya yakni ulat sagu. 

"Ulat sagu proteinnya bagus. Papua kaya dengan protein yang begitu luar biasa. Saya kira di Papua tidak ada yang kurang," kata peraih emas PON XX Papua kelas 65 kg, Oto Gideon Wantik, Senin (4/10/2021).

Laporan penelitian menyebutkan bahwa larva dari kumbang merah kelapa (Rhynchophorus ferrugenesis) yang kerap bertelur di pucuk pohon sagu berprotein 9,34 persen.

Kandungan ini hampir separuh dari daging merah yang mencapai 28 gram lebih protein per 100 gram konsumsi. Selain itu, santapan khas Papua itu juga mengandung beberapa asam amino esensial.

Oto meyakini bahwa ulat sagu mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Kandungan asam lemak pada ulat sagu juga mampu menghalau peradangan pada tubuh dan menurunkan kadar trigliserida pada tubuh sehingga jantung akan menjadi lebih sehat.

Rasa ulat sagu disebut Oto mirip dengan sensasi menyantap potongan lemak daging sapi namun dengan semburat rasa gurih yang lebih kuat. Sajiannya disarankan dengan cara dibakar biar lebih sedap di mulut.

"Ulat sagu ini bisa dimasak dengan cara dibakar atau direbus. Tapi lebih sedap dibakar," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: