Ratusan Warga di Yahukimo Amankan Diri ke Hutan setelah Penembakan KKB

Omega Batkorumbawa ยท Rabu, 24 November 2021 - 19:05:00 WIT
Ratusan Warga di Yahukimo Amankan Diri ke Hutan setelah Penembakan KKB
KKB menyerang anggota Koramil di Yahukimo mengakibatkan satu anggota TNI gugur. (Foto: Ilustrasi/Ist)

YAHUKIMO, iNews.id - Ratusan warga di Distrik Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua mengamankan diri ke hutan setelah penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Perwakilan dari pemerintah dan DPRD mendatangi para pengungsi tersebut.

"Hari ini beberapa anggota DPRD dan Kepala Distrik akan berangkat ke Suru-suru untuk mengecek langsung kondisi masyarakat di sana," kata Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli saat dikonfirmasi, Rabu (24/11/2021).

Dia mengaku telah mendapat informasi pascapenembakan prajurit TNI pada Sabtu (20/11/2021) lalu. Kabar yang diperolehnya, warga memilih mengungsi ke hutan karena khawatir dengan aksi brutal KKB.

"Kami berharap informasi ini tidak benar, dan masyarakat yang di sana agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi dengan situasi dan kondisi yang terjadi," ujarnya.

Bupati Didimus memastikan aparat keamanan dan pemerintah daerah tetap akan memberikan perlindungan kepada warga semaksimal mungkin, sehingga mereka diminta tidak kelewat ketakutan.

Terkait ultimatum KKB yang mengklaim Kabupaten Yahukimo sebagai zona perang, kata dia, tak perlu ditanggapi berlebihan. Sebab pernyataan tersebut dinilai politis.

"Jadi itukan pernyataan politis, saya pikir tidak usah ditanggapi berlebihan, apalagi saat kejadian-kejadian sebelumnya juga memang ada pernyataan demikian," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: