Satgas Covid Sorong Temukan Penumpang Bawa Surat Vaksinasi dan Pemeriksaan Swab Palsu

Antara ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 17:16:00 WIT
Satgas Covid Sorong Temukan Penumpang Bawa Surat Vaksinasi dan Pemeriksaan Swab Palsu
Petugas Satgas Sorong memeriksa dokumen palsu milik penumpang pesawat. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - Satgas Covid-19 Sorong menemukan penumpang yang menggunakan surat keterangan vaksinasi dan keterangan pemeriksaan palsu di Bandara Domine Eduard Osok. Pelaku saat ini masih dalam pemeriksaan petugas.

Tim mendapati dokumen-dokumen palsu ini saat pemeriksaan ketika pemberlakukan kebijakan PPKM di bandara. Ada delapan penumpang yang tidak mengantongi surat izin masuk dan salah satunya membawa surat-surat palsu.

"Satu orang penumpang berinisial SS selain tidak memiliki surat izin masuk juga memiliki surat vaksin dan tes swab Covid-19 palsu," kata petugas dari Satgas Covid-19, Rodney, di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (21/7/2021).

Dia mengungkapkan, pelaku perjalanan itu mengaku membayar hingga Rp700.000 untuk mendapat dokumen-dokumen palsu tersebut. Tim satgas kemudian menyerahkan pelaku ke polisi untuk dimintai keterangannya.

"Yang bersangkutan langsung diserahkan kepada pihak kepolisian," katanya.

Dia mengatakan, satgas sudah berulang kali menemukan kasus penumpang pesawat yang masuk ke wilayah Kota Sorong tanpa surat izin masuk. Hal ini menunjukkan maskapai kurang memperhatikan aturan yang berlaku.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal