Selesai Diresmikan, Rindam Kasuari Siap Tampung 200 Prajurit Baru

Andi Mohammad Ikhbal ยท Jumat, 01 Maret 2019 - 18:46:00 WIT
Selesai Diresmikan, Rindam Kasuari Siap Tampung 200 Prajurit Baru
Rindam Kasuari pasca diresmikan. (Foto: Istimewa).

MANSEL, iNews.id - Rindam XVIII/Kasuari yang baru saja diresmikan siap menyelenggarakan pendidikan bagi 200 orang calon prajurit Tamtama di bulan April 2019. Kolonel Inf Ignatius Tri Joko resmi dilantik menajdi Danrindam pertama di sana.

Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Andi Gus Wulandri mengatakan, peresmian ini dipimpin langsung oleh Pangdam, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, yang merupakan putra asli Papua.

"Jadi momen ini tentunya memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat Papua Barat," kata Andi Gus di Distrik Momiwaren, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, Kamis (28/2/2019).

Dia berharap, dengan adanya Rindam tersebut dapat mencetak putra-putra terbaik Papua Barat untuk menjadi Prajurit TNI AD. Lembaga pendidikan (Lemdik) ini, kata dia, dapat semakin memperluas kesempatan mereka untuk berkarier di satuan TNI.

Pada kesempatan tersebut, Kapendam menyampaikan kutipan amanat Pangdam yang berisi ucapan terima kasih kepada Gubernur Papua Barat, Bupati Mansel, Ketua DPRD Mansel, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemilik Hak Ulayat.

Begitu juga kepada pihak lainnya yang telah membantu proses hibah tanah dan bangunan serta dilanjutkan proses pembangunan sampai dengan peresmian Rindam XVIII/Kasuari.

"Pembangunan Lemdik ini juga pada dasarnya tidak terlepas dari partisipasi dan kontribusi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat, dan seluruh komponen masyarakat," ujar dia.

Pendidikan Tamtama dan Bintara di sini akan berlangsung sepanjang tahun, belum lagi pendidikan lainnya seperti kursus bagi prajurit efektif yang juga terus berjalan. Hal ini tentunya akan memberi peluang bagi masyarakat untuk melakukan investasi.

"Jadi bisa mensejahterakan masyarakat, karena bisa membuka usaha seperti toko makanan, foto copy, jasa komunikasi, transportasi dan lain sebagainya," ujar dia.

Belum lagi, dengan meningkatnya anggota organik Rindam dan Kodam, akan membuka peluang dibukanya akses transportasi maupun fasilitas umum lainnya yang akan membuat wilayah ini lebih maju. Jadi pembukaan Lemdik ini, akan banyak lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Danrindam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Ignatius Tri Joko menyampaikan, akan fokus mengabdi dan membentuk calon prajurit baru di daerahnya. Karena, kepercayaan yang diberikan ini tidak hanya datang dari TNI AD saja, melainkan dari seluruh masyarakat Papua Barat.

"Kita langsung bersiap, karena pada bulan April mendatang, akan segera menyelenggarakan pendidikan Secata Gel I dengan alokasi 200 orang," ujar dia.

Bupati Mansel, Markus Waran, pun mengungkapkan kegembiraanya. Dia berharap anak-anak Mansel bisa dididik di Rindam untuk menjadi Prajurit TNI AD.

"Saya senang dengan kehadiran Rindam XVIII/Kasuari dan siap menghibahkan anggaran untuk membangun barak menambahi yang sudah ada," kata Markus.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: