Sorong Terapkan PPKM Level 3, Ini Aturan Baru bagi Masyarakat

Antara ยท Rabu, 11 Agustus 2021 - 01:10:00 WIT
Sorong Terapkan PPKM Level 3, Ini Aturan Baru bagi Masyarakat
IGD Rumah Sakit Sorong. (Foto: Antara).

SORONG, iNews.id - Pemerintah Kota Sorong bergeser dari PPKM Level 4 ke Level 3. Keputusan ini mengacu pada penetapan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Perubahan status ini juga berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Sorong Lambert Jitmau Nomor 443.607, 10-23 Agustus 2021. Dengan kebijakan ini, ada kelonggaran aktif bagi masyarakat.

"PPKM Kota Sorong mulai hari ini sudah turun ke level 3. Ada kelonggaran aktif masyarakat namun protokol kesehatan tetap diutamakan," kata Lambert Jitmau di Sorong, Selasa (10/8/2021).

Wali Kota Lambert berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Surat Edaran Wali Kota Sorong menyebutkan, selama PPKM Level 3 satuan pendidikan dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas dan pembelajaran dari jarak jauh.

Pembelajaran tatap muka harus dilaksanakan dengan pembatasan jumlah peserta didik per kelas maksimum 50 persen dari kapasitas ruang di sekolah umum serta maksimum lima orang per kelas di sekolah luar biasa dan pendidikan anak usia dini dengan pengaturan jarak tempat duduk antar-siswa minimum 1,5 meter.

Semasa PPKM Level 3, perkantoran diminta mempekerjakan 75 persen pegawai di rumah dan 25 persen pegawai di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tempat peribadatan dapat mengadakan kegiatan ibadah dengan batasan jamaah 25 persen dari kapasitas ruang atau maksimum 50 orang dengan menerapkan protokol kesehatan.

Acara resepsi pernikahan dan hajatan boleh digelar dengan batasan hadirin maksimal 25 persen dari kapasitas ruang dan tanpa menyajikan makanan di tempat. Protokol kesehatan wajib diterapkan dalam pelaksanaan hajatan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: