Sosok Bocah Berpakaian Adat Papua di Gambar Uang Rp75.000, Ternyata Anak Karyawan BI

Edy Siswanto, Sindonews · Rabu, 26 Agustus 2020 - 12:10:00 WIT
Sosok Bocah Berpakaian Adat Papua di Gambar Uang Rp75.000, Ternyata Anak Karyawan BI
Sosok Agustinus, bocah yang ada di dalam uang Rp75.000. (Foto: Sindonews).

JAYAPURA, iNews.id - Satu dari delapan anak berpakaian baju adat di dalam gambar uang pecahan Rp75.000 merupakan bocah asal Kota Jayapura. Dia merupakan anak dari karyawan Bank Indonesia.

Bocah tersebut, Agustinus Rumere, siswa kelas 4 SD Inpres 3 Jayapura. Bocah kelahiran 8 September 2010 ini ternyata anak dari Fitriyani Seseray, seorang karyawan di bank milik negara tersebut.

"Saya bangga sekali melihat gambar anak saya ada di uang itu," kata Fitriyani di Kota Jayapura, Papua, Selasa (25/8/2020).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan, sosok Agustinus di pecahan uang Rp75.000 ini mewakili anak-anak di Papua, gambaran Kebhinekaan di Indonesia.

"Tujuan utama dari Bank Indonesia mengangkat gambar dari anak-anak berpakaian adat adalah untuk memperteguh Kebhinekaan melalui pakaian adat yang digunakan oleh anak-anak ini," ujar dia.

Pakaian adat yang dikenakan bocah-bocah di dalam uang tersebut mewakili wilayah barat, tengah dan timur Indonesia. Bahkan ini pertama kalinya ada uang dengan desain anak-anak nusantara.

"Untuk menyongsong masa depan, digambarkan dengan anak-anak ini sebagai SDM unggul generasi penerus di era Indonesia maju, maka gambar ini ditampilkan," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: