Sulit Dievakuasi, Bangkai Pesawat Kodiak 100 Tertancap di Dasar Danau Sentani

Herawati ยท Selasa, 12 Mei 2020 - 12:55 WIT
Sulit Dievakuasi, Bangkai Pesawat Kodiak 100 Tertancap di Dasar Danau Sentani
Proses evakuasi pesawat Kodiak 100 oleh tim penyelam. (Foto: iNews/Herawati).

SENTANI, iNews.id - Bangkai pesawat Kodiak 100 yang jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, masih sulit dievakuasi. Sebab posisinya tertancap di dasar danau dengan kedalaman sekitar 12 meter.

Humas Basarnas Jayapura, Yadianto mengatakan, sebagian puing-puing pesawat sudah dibawa ke gudang Mission Aviation Fellowship (MAF). Di antaranya tiga unit ban pesawat, dan satu unit penutup tangki.

"Basarnas Jayapura masih menunggu KNKT dan dari maskapai penerbangan untuk evakuasi badan pesawat, karena posisinya tertancap di dasar air," kata Yadianto di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (12/5/2020).

Menurut dia, lokasi bangkai pesawat berada di kedalaman 12 meter. Kemudian jarak dari lokasi kejadian dengan perlintasan pesawat sejauh 5-6 kilometer, atau di ujung Bandara Sentani.

"Black box masih berada di ekor pesawat," katanya.

Sebelumnya Pesawat Kodiak 100 milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jatuh di Danau Sentani, Selasa pagi tadi. Lokasi kecelakaan berada di ujung Bandara Sentani Jayapura.

Pilot pesawat tersebut ditemukan tewas. Korban atas nama Joyce Lin, warga negara asing (WNA) asal Amerika. Penerbangan ini membawa kargo berisi sembako menuju Kabupaten Tolikara.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal