Tak Terdampak Langsung, Masyarakat Adat Sorong Tolak Otsus Dilanjutkan

Chanry Andrew Suripatty ยท Jumat, 11 September 2020 - 16:30:00 WIT
Tak Terdampak Langsung, Masyarakat Adat Sorong Tolak Otsus Dilanjutkan
Masyarakat Sorong gelar aksi tolak Otsus Papua. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

SORONG, iNews.id - Sejumlah warga yang mengatasnamakan masyarakat adat Papua di Kota Sorong, Papua Barat, menolak rencana pemerintah melanjutkan kebijakan otonomi khusus (otsus). Sebab pelaksanaannya tak mampu dirasakan langsung oleh mereka.

Aksi unjuk rasa ini berlangsung di depan Mal Ramayana Kota Sorong, Kamis (10/9/2020). Mereka menuntut pemerintah tak menlanjutkan kebijakan otsus Papua yang berakhir 2021 mendatang.

Koordinator aksi, Apey Tarami mengatakan, aksi demonstrasi ini menyuarakan aspirasi sebagian besar masyarakat asli Papua. Kebijakan otsus selama ini dinilai tidak dapat berpihak kepada warga lokal.

"Kami meminta pemerintah pusat tidak melanjutkan otsus Papua," kata Apey di Kota Sorong, Papua, Jumat(11/9/2020).

Selama penerapan otsus, kata dia, tidak ada keberpihakan bagi masyarakat asli Papua. Belum lagi ketidakadilan di sejumlah sektor, sehingga kebijakan ini tak sampai dirasakan ke warga setempat.

Padahal tujuan otsus yang sudah berjalan hampir 20 tahun ini, kata dia, mestinya dapat memberdayakan orang asli Papua sebagai pribumi di bumi cenderawasih. Namun nyatanya tidak seperti itu.

"Aksi kami ini murni tanpa ditunggangi pihak manapun. Ke depan kami akan terus melakukan unjuk rasa terkait kebijakan otsus," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: