Telat Datang, Tim BPBD Ditolak Warga saat Evakuasi Jenazah Bocah Korban Longsor

Chanry Andrew Suripatty ยท Sabtu, 19 September 2020 - 01:45 WIT
Telat Datang, Tim BPBD Ditolak Warga saat Evakuasi Jenazah Bocah Korban Longsor
Warga membantu proses evakuasi jenazah korban longsor di Sorong. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

SORONG, iNews.id - Tim badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) ditolak warga dan keluarga bocah yang menjadi korban tanah longsor di Kota Sorong, Papua Barat, saat akan mengevakuasi korban. Sebab mereka dinilai telat datang ke lokasi bencana.

Kepala BPBD Sorong, Herlin Sasabone, membenarkan adanya insiden ini. Dia memaklumi adanya penolakan dari warga. Sebab proses evakuasi korban dilakukan swadaya oleh keluarga dan masyarakat setempat.

"Memang tadi ketika jenazah korban mau dibawa ke rumah sakit, sempat ada penolakan dari pihak keluarga. Hal ini tentu kita maklumi," kata Herlin di Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (18/9/2020).

Terkait lambatnya timnya tiba di lokasi, kata dia, karena mereka telat menerima informasi. Dia berharap warga tidak menyalahkan BPBD dan pemerintah daerah (pemda) atas persoalan ini.

"Kami harap warga bisa cepat memberikan informasi, sehingga tim bisa bergerak lebih cepat," ujar dia.

Pemerintah di tingkat kelurahan dan desa, kata dia, harus sigap saat mendapat kabar dari warga, lalu berkoordinasi dengan instansi terkait. Dengan begitu tim bisa segera tiba dan memberikan pertolongan.

Dia juga meminta warga yang tinggal di area rawan bencana untuk selalu waspada. Sebab cuaca seperti hujan lebat beberapa hari ini melanda Kota Sorong dan sekitarnya.

"Tiada hari tanpa hujan di Kota Sorong, ini yang menjadi pemicu terjadinya longsor. Masyarakat yang membangun rumah di daerah rawan longsor, harus lebih berhati-hati dan selalu waspada," ujar dia.

Mereka yang berada di daerah rawan diminta mengungsi sementara saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Setidaknya mereka tidak berada di dalam rumah, sebab longsor bisa terjadi sewaktu-waktu.

Sebelumnya seorang bocah di Jalan Obadiri, belakang Polres Sorong Kota, tewas akibat tertimpa longsor batu. Korban diketahui sedang berada di dalam kamar mandi saat bencana itu terjadi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal