Tenaga Kesehatan di Manokwari Harus Disiplin Protokol Kesehatan di Luar Jam Kerja

Antara ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 11:20:00 WIT
Tenaga Kesehatan di Manokwari Harus Disiplin Protokol Kesehatan di Luar Jam Kerja
Tracing contact petugas medis di RSU Manokwari. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - Tenaga kesehatan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, diminta tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun di luar jam kerja. Sebab potensi penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat cukup tinggi.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Manokwari, dr Adhe Ismawan mengatakan, tenaga medis harus tetap menerapkan protokol kesehatan, baik saat kerja maupun beraktivitas di luar seiring meningkatnya penularan virus corona di daerahnya.

"Setelah pulang dan beraktivitas di luar biasanya ada yang lengah, saat itulah penularan Covid-19 bisa terjadi," kata dr Adhe di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (7/10/2020).

Menurut dia, potensi penularan di lingkungan masyarakat cukup tinggi. Saat mereka bertemu keluarga, teman dan kerabat, rentan terpapar virus corona.

Dia mengatakan, berdasarkan laporan Satgas Penanganan Covid-19 Manokwari per Rabu, 7 Oktober 2020 kemarin, tercatat adanya tambahan 18 kasus baru pasien positif di daerah tersebut.

Secara akumulatif, jumlah kasus Covid-19 di Manokwari saat ini sudah mencapai 440 orang. Sebanyak 208 di antaranya sembuh, lima orang meninggal dan 227 menjalani karantina.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal