Tips Efektif Kendalikan Covid-19, Begini Saran Doni Monardo

Felldy Utama ยท Jumat, 09 Oktober 2020 - 12:10:00 WIT
Tips Efektif Kendalikan Covid-19, Begini Saran Doni Monardo
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meresmikan rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Kamis (8/10/2020). (Foto: ANTARA/HO)

JAYAPURA, iNews.id - Kepala Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, memberikan sejumlah tips efektif bagi pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19. Saran ini disampaikan saat meresmikan rumah sakit rujukan di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Doni mengatakan, penanganan wabah ini memang tidak bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan pendekatan medis. Tim dari pemerintah harus gencar mengedukasi warga.

"Mari kembali mengajak masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan," kata Doni dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Kamis (8/10/2020).

Menurut dia, partisipasi masyarakat merupakan bagian penting dan utama dalam upaya pencegahan penularan virus corona. Di antaranya disiplin protokol kesehatan.

Sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) itu meresmikan sakit rujukan untuk mendukung penguatan upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor.

BNPB juga memberikan bantuan berupa tiga unit ventilator, 100 tempat tidur pasien, 5.000 pelindung muka, 15.000 alat pelindung diri (APD), 10.000 masker N95, dan 200.000 masker kain untuk penanggulangan Covid-19 di daerah tersebut.

Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, mengapresiasi dukungan pemerintah pusat dalam penyediaan fasilitas kesehatan di wilayahnya, termasuk rumah sakit rujukan baru ini.

"Rumah sakit ini tidak hanya melayani warga Biak Numfor, tapi juga akan melayani warga dari daerah lain di wilayah Provinsi Papua," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: