TMMD ke-109 Digelar di Distrik Nioga dan Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya

Herawati · Jumat, 25 September 2020 - 22:20:00 WIT
TMMD ke-109 Digelar di Distrik Nioga dan Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya
Para prajurit dan warga berpartisipasi dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 di dua distrik di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, Jumat (25/9/2020). (Foto: iNews/Kodim 1714/Puncak Jaya)

NIOGA, iNews.id – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 dilaksanakan di dua distrik di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, yaitu Distrik Nioga dan Distrik Mulia. Kali ini, Kodim 1714/Puncak Jaya yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Kegiatan TMMD dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Puncak Jaya Tumiran di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya. Pembukaan ditandai dengan penyerahan secara simbolis alat kerja dan disaksikan pejabat daerah, TNI/Polri dan masyarakat.

Dandim 1714/PJ Letkol Inf Rofi Irwansyah menyampaikan, program TMMD ke-109 2020 akan dipusatkan di Distrik Nioga dan Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya, yang dimulai pada 22 September hingga 21 Oktober 2020.

"Program TMMD ini merupakan bentuk Operasi Bhakti TNI dalam membantu masyarakat dengan bersinergi bersama pemerintah daerah setempat dan Polri, yang akan dilaksanakan selama 30 hari ke depan," kata Dandim.

Anggota harus mengutamakan keamanan selama perjalanan menuju ke dua lokasi ini. Pasalnya, daerah tersebut relatif tidak aman dan harus menempuh perjalanan selama dua jam lamanya.

Dandim mengatakan, salah satu fokus kegiatan selama TMMD untuk membangun balai penyuluhan Keluarga Berencana (KB) di Distrik Nioga dan merehab Gedung Olahraga (GOR) PBSI.

"Sekitar 150 personel dalam satuan setingkat kompi (SSK) akan membangun balai penyuluhan KB dan merehab GOR PBSI," katanya.

Selain itu, anggota Kodim juga melakukan kegiatan fisik, berupa penyuluhan Covid-19. Kemudian, mengampanyekan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kami juga melaksanakan kegiatan pembagian masker, serta pembagian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Dandim 1714/PJ.

Plt Sekda Puncak Jaya mengatakan, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Puncak Jaya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran Kodim 1714/Puncak Jaya. Sebab, TNI tak hanya miliki tugas dan tanggung jawab untuk mengamankan Puncak Jaya, tapi juga turut andil membantu pembangunan di daerah.

"Selamat bertugas kepada anggota Kodim 1714/Puncak Jaya dan semua pihak yang ambil bagian dalam TMMD karena mendorong pembangunan daerah. Saya mengharapkan masyarakat Distrik Nioga dan Mulia memberikan dukungan penuh dan turut berpartisipasi pada pelaksanaan TMMD di wilayahnya," katanya.

Adapun logistik dan material yang akan digunakan dalam kegiatan TMMD ke-109 difokuskan di GOR PBSI Puncak Jaya, tepatnya di Jalan Papua Kampung Pruleme Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya. Logistik dan material ini diawasi langsung oleh Pasi Ops Dim 1714/PJ, Kapten Inf Daniel Siney dengan melibatkan anggota Kodim dan masyarakat setempat.

Editor : Maria Christina