Tokoh Papua Apresiasi Investigasi TGPF Intan Jaya

Felldy Utama ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:40:00 WIT
Tokoh Papua Apresiasi Investigasi TGPF Intan Jaya
Anggota TGPF Intan Jaya menelusuri pelaku penembakan pendeta dan anggota TNI di Sugapa, Intan Jaya, Papua, Sabtu (10/10/2020). (Foto: Kemenko Polhukam).

JAYAPURA, iNews.id - Sejumlah tokoh yang ikut serta dalam tim gabungan pencari fakta (TGPF) di Kabupaten Intan Jaya, Papua, mengapresiasi proses investigasi di daerah tersebut. Mereka sudah melakukan upaya maksimal secara menyeluruh.

Anggota TGPF yang merupakan unsur tokoh pemuda, Victor Abraham Abaidata mengatakan, sejumlah hal yang dilakukan tim ini menjadi pintu masuk memulihkan kondisi di Papua.

"Pendekatan terhadap manusia itu jauh lebih penting. Yang dilakukan ini dapat memulihkan kembali kepercayaan orang Papua terhadap negara, terhadap pemerintah," kata Victor, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu tokoh agama di Intan Jaya, Pendeta Henok Bagau menilai, upaya pengungkapan fakta seperti ini membuat warga Papua semakin percaya pada pemerintah.

"Kami melihat bahwa tim yang dibentuk benar-benar independen, tidak berpihak pada siapapun dan sungguh-sungguh mengikuti hati nurani dan fakta yang ada," ujar dia.

Tokoh lainnya yang juga anggota TGPF, Taha Alhamid, mengaku senang dengan cara dan hasil yang dicapai tim. Mereka bisa membuat para tokoh duduk berdampingan dan percaya dengan TNI-Polri.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: