Viral, Gerombolan Paus Orca Muncul di Perairan Biak saat Warga Berenang di Laut

Chanry Andrew Suripatty ยท Senin, 22 Juni 2020 - 12:10:00 WIT
Viral, Gerombolan Paus Orca Muncul di Perairan Biak saat Warga Berenang di Laut
Kemunculan Paus Orca di Perairan Biak Papua. (Foto: Twitter).

BIAK, iNews.id - Gerombolan paus orca tampak muncul di perairan Kabupaten Biak, Papua, pada Sabtu (20/6/2020). Fenomena langka tersebut direkam oleh seorang warga yang sedang berenang di laut dan viral di media sosial.

Video kejadian ini diunggah akun Twitter @susenos dengan durasi 36 detik. Saat itu tampak sejumlah pemuda sedang berenang di Perairan Samber, Kabupaten Biak, lalu gerombolan paus orca melintas di sekitar mereka.

Dalam captionnya, @susenos mengaku heran dengan kemunculan paus orca yang umumnya berada di wilayah perairan dingin. Sementara perairan di wilayah Biak termasuk iklim tropis. Dia pun mengikutsertakan akun Twitter @susipudjiastuti terkait kondisi tersebut.

"Selamat pagi ibu @susipudjiastuti, saya mau tanya apa orca bisa datang ke perairan tropis indonesia? ini saya rekam kemarin siang bu di perairan Kampung Samber, Kabupaten Biak," tulis @susenos yang kemudian viral di media sosial, Senin (22/6/2020).

Cuitan tersebut kemudian ditanggapi mantan Menteri Perikanan dan Kelautan tersebut. Dia menilai, kondisi ini memungkinkan selama lingkungannya memungkinkan, termasuk ketersediaan makanan untuk paus orca.

"Bisa, kalau enviroment-nya memungkinkan. Banyak makanan. Semoga kapal-kapal raksasa asing tidak akan pernah diizinkan kembali oleh Pak Presiden, supaya Indonesia lautnya tetap sehat dan kaya," cuit @susipudjiastuti.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal