Wagub Janji Akan Prioritaskan Putra-Putri Papua Daftar TNI Polri

Antara ยท Kamis, 25 Februari 2021 - 15:20:00 WIT
Wagub Janji Akan Prioritaskan Putra-Putri Papua Daftar TNI Polri
Para putra dan putri asal Papua calon Bintara TNI menjalani Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI di sejumlah Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) di Pulau Jawa. (Foto: Puspen TNI)

JAYAPURA, iNews.id - Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinai, akan memprioritaskan putra-putri daerah yang mendaftarkan diri menjadi anggota TNI-Polri. Mereka akan mendapat rekomendasi dari pemerintah provinsi.

Rekomendasi tersebut yakni agar mereka yang lulus seleksi serta pendidikan menjadi aparat keamanan bisa ditempatkan kembali di Bumi Cenderawasih.

"Supaya putra dan putri daerah ini setelah selesai dididik akan dikembalikan ke daerahnya sehingga dapat menjaga keamanan wilayah teritorialnya sendiri," kata Klemen Tinai di Kota Jayapura, Papua, Kamis (25/2/2021).

Dia pun mendorong agar para pemuda daerah tersebut mendaftarkan diri sebagai prajurit TNI dan anggota polisi. Dengan begitu, mereka bisa menjadi aparat di tempat asalnya masing-masing dan menjaga keamanan ketertiban daerah.

Personel TNI dan Polri dari Papua dinilai memiliki nilai plus saat menjaga daerah mereka masing-masing. Sebab selain mengetahui medan, mereka juga tak kesulitan berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

"Karena hal ini terkait dengan komunikasi. Bisa jadi karena tidak tahu bahasa setempat, akhirnya salah, sehingga lebih baik memang dijaga putra daerah," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal