Warga Kampung Miami Jayawijaya Sewa Helikopter untuk Evakuasi Orang Sakit

Antara · Selasa, 09 November 2021 - 12:55:00 WIT
Warga Kampung Miami Jayawijaya Sewa Helikopter untuk Evakuasi Orang Sakit
Ilustrasi helikopter. (Foto: Antara).

WAMENA, iNews.id - Warga Kampung Miami Jayawijaya menyewa helikopter untuk evakuasi orang sakit. Hal ini dilakukan karena tidak ada akses jalan lewat darat yang bisa dilalui kendaraan.

Kepala Puskesmas Itlay Hisage, Jois Halitopo, membenarkan hal tersebut. Dia mengaku sulit menangani pasien kritis, sehingga harus dirujuk ke kota.

Sementara bila dibawa dengan jalan kaki akan memakan waktu berjam-jam, sehingga warga mencari solusi dengan menyewa helikopter yang biayanya tidak murah bagi masyarakat setempat.

"Kalau ada yang sakit di sana, itu teman-teman kader kesehatan hubungi kami, kami hubungi helikopter untuk jemput. Masyarakat yang tanggung pembiayaan jadi kami tidak tahu pasti biayanya," kata Jois di Kota Wamena, Senin (8/11/2021).

Kasus terakhir yang sulit ditangani di sana dan terpaksa harus dibawa dengan helikopter di Kota Wamena yakni ibu melahirkan. Namun nyawa pasien tidak tertolong sedangkan bayinya selamat.

Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan, puskesmas mempekerjakan kader-kader kesehatan. Kader ini biasanya datang ke pusat distrik dengan berjalan kaki untuk membawa obat ke kampung itu.

Selanjutnya petugas medis dari puskesmas menyusul untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Biasa kita mulai jalan kaki dari jam 5 pagi. Sampai di sana pukul 10 siang. Itu kita capek di jalan," katanya.

"Kami harapkan pemerintah membuka akses jalan sehingga pembangunan bisa masuk ke sana agar kami juga bisa masuk. Kalau 2-3 kilometer dibuka itu sudah cukup mudah untuk kami," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: