Warga Manokwari Panik dan Berhamburan saat Diguncang Gempa 6,1 SR

Ilma De Sabrini ยท Jumat, 28 Desember 2018 - 13:28:00 WIT
Warga Manokwari Panik dan Berhamburan saat Diguncang Gempa 6,1 SR
Gempa berkekuatan 6,1 SR yang mengguncang Mankowari Selatan, Papua membuat panik warga. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNews.idGempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Manokwari Selatan, Papua, Jumat (28/12/2018) pagi tadi membuat panic warga. Mereka berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dari reruntuhan bangunan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dari laporan yang diterima gempa yang terjadi pukul 10.03 WIB itu dirasakan cukup kuat selama 6 detik. “Masyarakat sempat panik dan keluar rumah atau bangunan. Saat ini nelayan dan warga berkumpul di kantor bupati dan lapangan,” kata Sutopo dalam rilis yang diterima iNews.id.

Menurut Sutopo, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Terkait itu, masyarakat diimbau untuk tenang dan tetap waspada serta tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan.

Sebelumnya BMKG merilis gempa dengan magnitudo 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Manokwari, Papua. “Pusat gempa berada di 55 km tenggara Manokwari, 1.40 lintang selatan (LS),134.10 bujur timur (BT), di kedalaman 26 km,” tulis BMKG, Jumat (28/12/2018).

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Belum ada data tentang dampak yang ditimbulkan oleh gejala alam tersebut, baik informasi tentang korban jiwa maupun bangunan yang rusak.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: