Waspada, 3 Daerah di Papua Barat Ini Dikhawatirkan Jadi Episentrum Penularan Covid-19

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 09:15 WIB
Waspada, 3 Daerah di Papua Barat Ini Dikhawatirkan Jadi Episentrum Penularan Covid-19
Petugas medis di RSUD Sele Be Solu Sorong. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - Kasus Covid-19 di tiga daerah Papua Barat dinilai masih naik signifikan. Penerapan protokol kesehatan diharap bisa lebih tegas agar warga semakin disiplin.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Arnoldus Tiniap mengatakan, ada tiga daerah yang masih mengalami peningkatan kasus, yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Manokwari.

"Transmisi lokal di tiga daerah tersebut sudah cukup tinggi," kata Arnoldus di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (24/7/2020).

Menurut dia, saat ini ada enam daerah yang masuk zona hijau dan dua zona kuning. Namun lima daerah lainnya masih tercatat sebagai zona merah Covid-19.

Dia mengatakan, dari lima daerah zona merah, pemerintah memberikan perhatian khusus ke tiga daerah tersebut. Upaya dari Satgas Penanganan Covid-19, tidak didukung partisipasi warga menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat masih cukup bebas beraktivitas tanpa protokol kesehatan, di pasar maupun tempat-tempat umum lain. Maka perlu tindakan yang lebih tegas agar disiplin," ujarnya.

Apalagi aktivitas transportasi antardaerah di Papua Barat sudah cukup lancar. Dia khawatir, warga di lima daerah zona merah ini akan menjadi episentrum penularan virus corona di provinsi tersebut.

"Teluk Bintuni semula kasusnya tinggi tapi akhirnya semua berhasil sembuh. Jarak Manokwari-Teluk Bintuni tidak jauh, apalagi Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal