Waspadai Cuaca Ekstrem di Papua dan Papua Barat, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Antara ยท Senin, 05 April 2021 - 13:20:00 WIT
Waspadai Cuaca Ekstrem di Papua dan Papua Barat, BMKG Keluarkan Peringatan Dini
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk sejumlah daerah Indonesia. Potensi cuaca ekstrem bakal terjadi pada Senin (5/4/2021) hari ini, termasuk di Papua dan Papua Barat.

Berdasarkan data peringatan dini cuaca di situs BMKG, dua daerah tersebut berpotensi mengalami hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Selain itu siklon tropis Seroja diperkirakan akan semakin menguat dalam 24 jam ke depan dengan kekuatan 55 knot atau 100 km per jam dan kecepatan 10 knot sama dengan 19 km per jam bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

"Diperkirakan intensitas siklon tropis Seroja menguat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat daya," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Senin.

Analisis BMKG, siklon tropis Seroja berada pada posisi di Samudra Hindia sebelah barat daya Pulau Rote, 11.6 lintang selatan, 120.0 bujur timur atau sekitar 360 km sebelah barat barat daya Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Editor : Andi Mohammad Ikhbal