Infografis Perbedaan Papua dan Papua New Guinea

Rizky Agustian ยท Sabtu, 24 September 2022 - 21:11:00 WIT
Infografis Perbedaan Papua dan Papua New Guinea
Perbedaan Papua dan Papua New Guinea. (Grafis: Sonny Unggara)

JAKARTA, iNews.id - Papua dan Papua New Guinea terletak di Pulau Papua dan hanya terpisahkan garis perbatasan. Papua merupakan sebuah provinsi di Indonesia dan terletak di bagian barat Pulau Papua. Sementara Papua New Guinea berada di timur.

Perbedaan Papua dan Papua New Guinea cukup beragam. Meski kedua wilayah memiliki kesamaan rumpun, namun mulai dari sejarah hingga bahasanya ternyata berbeda.

Berikut rangkuman iNews.id soal 5 perbedaan Papua dan Papua New Guinea :

1. Dijajah Bangsa Berbeda

Papua dan Papua New Guinea bisa dibedakan berdasarkan bangsa barat yang menjajah kedua wilayah itu pada masa silam. Keduanya ternyata dijajah sejumlah bangsa berbeda sehingga wilayahnya terpisah. 

Papua dijajah Belanda, sedangkan Papua New Guinea dijajah Jerman, Inggris hingga Australia.

2. Sistem Pemerintahan Berbeda

Perbedaan selanjutnya bisa diselisik berdasarkan sistem pemerintahan. Papua mengikuti sistem pemerintahan Tanah Air yakni presidensial dengan bentuk republik. Sementara sistem pemerintahan Papua New Guinea menganut asas monarki absolut alias kerajaan mutlak.

3. Perbedaan Bahasa

Perbedaan Papua dan Papua New Guinea selanjutnya yakni terletak pada bahasa yang digunakan warganya. Di Papua, Bahasa Indonesia mayoritas digunakan oleh sebagian besar warganya. 

Sementara, masyarakat Papua New Guinea menggunakan tiga bahasa untuk saling berinteraksi. Bahasa itu yakni Tok Pisin, Hiri Motu dan Inggris.

4. Luas Wilayah Berbeda

Perbedaan selanjutnya yaitu ada pada luas wilayah kedua daerah. Papua memiliki luas wilayah keseluruhan mencapai 81.049 kilometer persegi. Sedangkan Papua New Guinea memiliki wilayah yang jauh lebih luas yaitu 462.840 kilometer persegi. 

5. Jumlah Penduduk Berbeda

Terakhir, jumlah penduduk Papua dan Papua New Guinea juga berbeda. Berdasarkan data BPS 2021 jumlah penduduk Papua mencapai 4,35 juta jiwa. Sementara, penduduk Papua New Guinea pada 2022 berjumlah total 9,34 juta jiwa. 

Itulah pembahasan tentang perbedaan Papua dan Papua New Guinea. Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: