Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Foto: Ist).
Arie Dwi Satrio

MAMBERAMO TENGAH, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah komunikasi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Komunikasi terkait rencana pemanggilan anggota TNI.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, pemanggilan anggota TNI untuk dimintai keterangan terkait kaburnya Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak ke Papua Nugini.

Ricky Ham Pagawak diduga melarikan diri ke Papua Nugini ketika akan dijemput paksa tim penyidik KPK. "Kami sudah koordinasi sinergi dengan KSAD terkait dengan bantuan pemanggilan terhadap dua anggota TNI. Informasi terakhir sudah ada komunikasi nanti update-nya akan kami sampaikan mengenai waktu pemeriksaannya," ujar Ali Fikri di Gedung Rupbasan KPK, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (10/8/2022).

Dia juga menyampaikan, salah satu yang akan dipanggil, yaitu seorang Dandim. Namun, dia tidak menyebut detail siapa Dandim yang akan dipanggil tersebut.

"Yang dipanggil oleh KPK betul salah satunya Dandim tetapi tentu saat ini kami belum bisa sampaikan apa nanti materi yang akan diklarifikasi atau yang ditanyakan kepada pihak dari TNI ini tetapi bahwa informasi yang kami terakhir betul sudah ada komunikasi," ucapnya.

KPK telah memasukkan Ricky Ham Pagawak dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron. Ricky diduga melarikan diri dan bersembunyi ke Papua Nugini saat hendak ditangkap KPK. Ricky diduga dibantu oleh sejumlah pihak dalam pelariannya.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT