Egianus Kogoya (tengah) salah satu komandan KKB yang kerap menebar teror terekam dalam video provokatif usai penembakan di Bandara Kenyam, Nduga, Papua. (Foto: iNews.id)
Antara, Donald Karouw

JAYAPURA, iNews.id - Rekaman video kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beredar dengan narasi provokatif menantang aparat TNI-Polri. Di antara 20-an anggota kelompok teroris yang berada dalam video tersebut, salah satunya merupakan Egianus Kogoya.

Dia duduk di posisi tengah sambil melipat kedua tangan dengan memakai jaket loreng dan penutup kepala. Kemudian salah satu komandan KKB mengklaim wilayah di Kenyam merupakan markas mereka.

"Saya tidak akan ke mana-mana. Perang di Kenyam, kami ini anak-anak di daerah," ucapnya dalam video yang diterima iNews, Selasa (7/6/2022). 

Dalam video pendek tersebut, KKB juga mengklaim telah menembak pesawat sipil Sam Air yang mendarat di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6/2022). Setalah itu kelompok teroris Papua mengibarkan bendera bintang fajar di Lapangan Bandara Keneyam dan menantang aparat TNI Polri berperang.

Diketahui, sosok Egianus Kogoya ini sudah lama menebar ancaman di wilayah Kabupaten Nduga, Papua. Bersama pasukannya, kelompok teroris ini terlibat berbagai teror penembakan, pembunuhan dan hal keji lainnya.

Nama Egianus Kogoya pertama kali mencuat dalam kasus pembantaian puluhan pekerja PT Istaka Karya di Nduga akhir 2018 silam. Sedikitnya ada 31 pekerja yang tewas dibantai KKB pimpinan Egianus.   

Sementara Kapolres Nduga AKBP Komang yang dikonfirmasi soal penembakan di Bandara Kenyam membenarkan peristiwa tersebut.

"Memang benar ada penembakan terhadap pesawat Sam Air sekitar pukul 10.15 WIT," ujar Kapolres, Selasa (7/6/2022).


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT