Bupati Mimika Eltimus Omaleng menggelar deklarasi mendukung Otsus Jilid II dan DOB. (Foto: iNews TV/Nathan Making)
Nathan Making

TIMIKA, iNews.id - Bupati Mimika Eltimus Omaleng bersama ribuan warga menyatakan sikap mendukung kebijakan otonomi khusus (otsus) jilid II dan pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Papua Tengah. Deklarasi dukungan Otsus dan DOB itu digelar di halaman Gereja Mile 32, Rabu (15/6/2022).

Hadir dalam deklarasi itu sejumlah tokoh partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda, serta tokoh perempuan. Selain itu, seluruh perwakilan tiap kerukunan daerah yang berada di Timika.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian termasuk TNI-Polri yang selama ini telah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Timika,” kata Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

Pada deklarasi ini, Eltinus Omaleng membacakan tiga poin ikrar Mimika bersatu wilayah Meepago. Pertama, mendukung upaya penyelesaian konflik di Papua secara bermartabat demi tercapainya Papua damai.

Kedua, mendorong penyelesaian masalah Papua secara rekonsiliasi dan restitusi menuju Papua yang aman. Ketiga, mendukung otsus jilid II dan pemerakan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Papua Tengah.

Bupati mengatakan, sebanyak 350.000 jiwa mendukung Otsus Jilid II dan DOB. Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Mimika bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah pusat yang sudah menetapkan pemekaran Provinsi Papua Tengah menuju Papua damai, sejahtera, bermartabat dan menjadi tuan di negeri sendiri.

Usai membacakan deklarasi tersebut, dilakukan penandatangan sikap bersama. Kegiatan deklarasi ini dipadukan dengan berbagai pertunjukan tarian tradisional dari beberapa suku di Mimika serta pengucapan syukur bersama melalui tradisi bakar batu dan duduk makan bersama.


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT