Antrean kendaraan untuk mengisi BBM bersubsidi Pertalite dan solar. (Foto: Antara).
Antara

BIAK, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua meningkatkan pengawasan penjualan bahan bakar minyak bersubsidi jenis Pertalite dan solar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Pemkab tersebut untuk mencegah terjadinya penyimpangan di lapangan.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan, saat ini pengisian BBM bersubsidi di SPBU Biak telah diawasi petugas gabungan kepolisian resor dengan petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor.

"Pengawasan penjualan BBM di SPBU sudah dilakukan Pemkab Biak Numfor dengan menertibkan pengisian kendaraan bermotor di SPBU," ujar Herry di Biak, Papua, Selasa (1/11/2022).

Dia menuturkan, pengawasan di lapangan masih menemukan adanya kendaraan yang mengisi bahan bakar minyak di SPBU Biak dengan pelat nomor berasal dari luar Biak.

"Kebutuhan stok BBM yang dijual di SPBU untuk melayani kebutuhan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor dan bukan untuk kendaraan dari daerah lain, " tuturnya.

Menurutnya, pengawasan penjualan BBM dilakukan Pemkab Biak Numfor bertujuan dalam upaya untuk mencegah penjualan BBM bersubsidi keluar dari Biak.

"Ketika kuota BBM disiapkan untuk masyarakat Biak Numfor, tetapi saat dijual di SPBU dibeli kendaraan berpelat nomor dari luar daerah Biak, ya ini sangat mengurangi kebutuhan warga Biak," ucapnya.

Pantauan di SPBU hingga Selasa pukul 16.30 WIT masih terlihat banyak kendaraan truk dan angkutan umum mengantre giliran mengisi BBM bersubsidi di SPBU Jalan Sisingamangaraja Biak Kota.

Beberapa kendaraan truk dan bus angkutan pedesaan terlihat mengantre hingga di pinggiran jalan tersebut.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT