Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Monang saat menyampaikan permohonan maaf atas ulah dua oknum polisi yang menjilat kue HUT ke-77 TNI kepada Pandam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema. (Foto: Istimewa)
Antara

MANOKWARI, iNews.id - Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Monang memastikan kedua oknum polisi lalu lintas (polantas) yang kedapatan menjilat kue HUT ke-77 TNI akan menerima sanksi tegas. Aksi kedua oknum itu sempat viral di media sosial.

Dia menyebut, sanksi tegas menanti kedua oknum anggota tersebut karena dengan sengaja mencederai soliditas antara TNI dan Polri yang sudah terbina dengan baik.

"Kedua oknum anggota sudah ditahan dan sedang diproses oleh Propam Polda Papua Barat. Semoga soliditas dan sinergitas kita (TNI-Polri) tidak berkurang karena ulah dua oknum anggota tersebut," kata Daniel di Manokwari, Rabu (5/10/2022).

Dirinya pun menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema atas ulah dua oknum polisi tersebut.

"Selaku pimpinan Polda Papua Barat, saya menyampaikan permohonan maaf dan bertanggung jawab atas tindakan dua oknum anggota yang melakukan perbuatan tidak menyenangkan terhadap institusi TNI," ujar Daniel.

Sementara itu, Mayjen TNI Gabirel Lema menyatakan secara pribadi dan mewakili jajarannya menerima permohonan maaf dari kapolda Papua Barat, atas ulah dua oknum anggota Polisi tersebut.

"Kami menerima permohonan maaf ini, karena lebih mengutamakan sinergitas dan kekompakan yang sudah terawat selama ini dengan Polda Papua Barat," kata Gabriel.

Dia mengatakan, tantangan tugas ke depan masih banyak, sehingga dirinya berharap kepada seluruh anggota Kodam Kasuari agar lebih bijak melihat hal tersebut.

"Karena perbuatan dua oknum sudah menjadi perhatian Kapolda Papua Barat, kami serahkan sepenuhnya kepada internal institusi Polri untuk memproses kedua oknum tersebut," kata dia.

Gabriel juga mengarahkan seluruh prajurit jajaran Kodam Kasuari bersama prajurit TNI AL dan TNI Udara di Papua Barat agar tetap kompak bersama Polda Papua Barat.

"Bersama kita tetap kompak, jaga soliditas untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara terlebih kepada masyarakat Papua Barat," ujar Pangdam Kasuari.

Diketahui dalam unggahan sebuah video yang beredar di publik, dua oknum anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat terlihat menjilat kue ulang tahun yang hendak diantar dari Polda Papua Barat ke Kodam Kasuari pada puncak HUT ke-77 TNI.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi menyatakan kue tersebut sudah diamankan sebagai barang bukti untuk memproses kedua oknum anggota yang kini telah mendekam di sel Propam Polda Papua Barat.

"Dapat kami pastikan, bahwa kue tersebut tidak diserahkan kepada rekan-rekan di Kodam Kasuari dan sudah diamankan sebagai barang bukti," tambah Adam Erwindi.


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT