Ilustrasi kontak senjata antara personel Satgas Damai Cartenz dengan KKB di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. (Foto: iNews.id)
Edy Siswanto

JAYAPURA, iNews.id - Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas saat kontak senjata dengan pesonel Satgas Damai Cartenz. Peristiwa ini terjadi di Lapangan Trikora, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, kronologi kontak senjata ini bermula saat pasukan gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz berpatroli di lokasi acara adat bakar batu, Jumat (27/5/2022). Ketika itulah terjadi kontak senjata antara aparat dengan kelompok teroris pemberontak tersebut.

"Kontak tembak terjadi ketika personel Satgas Operasi Damai Cartenz berpatroli di sekitar Lapangan Trikora saat kegiatan acara bakar batu," ujar Kamal, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, identitas anggota KKB yang tewas bernama Lerinus Murib, kelompok KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib.

“Jenazah anggota KKB yang tewas sudah dibawa rekan-rekannya setelah kontak senjata selesai. Jenazah kemudian mereka  bakar (tradisi adat) pada Jumat," katanya.

Kamal menambahkan, warga kemudian menemukan sesosok mayat atas nama Yakianus di sekitar TKP kontak tembak, posisi KKB, Minggu (29/5/2022). Namun belum dapat dipastikan keterlibatan pemuda tersebut dengan KKB.

"Masih kami dalami. Jenazah ditemukan hari Minggu pukul 10.42 WIT. Kemudian jenazah pemuda tersebut sudah disemayamkan pihak keluarga dengan cara adat yakni dibakar," katanya.

Menurutnya, laporan terkini situasi di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak telah aman dan kondusif. Masyarakat masih melakukan aktivitas normal seperti biasa.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT