Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia memerintahkan penutupan tambang emas ilegal. Lokasi tambang emas ilegal di Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat. (Foto: Antara).
Antara

MANOKWARI, iNews.id - Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia memerintahkan penutupan tambang emas ilegal. Lokasi tambang emas ilegal tersebut yang beroperasi di wilayah Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Bahlil usai menggelar rapat koordinasi terbatas Satgas Investasi dengan Penjabat Gubernur Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, Bupati Manokwari dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pegunungan Arfak di Manokwari, Rabu (15/6/2022).

"Informasi yang kami terima dari masyarakat juga Bupati Manokwari dan Pegaf, terjadi penambangan ilegal di wilayah mereka. Kita serahkan kepada gubernur untuk segera melakukan langkah komprehensif mengingat tambang tersebut tidak memiliki izin dan berada dalam wilayah hutan konservasi," ujar Bahlil.

Dia menjelaskan, hasil rapat koordinasi tersebut, penutupan lokasi tambang emas ilegal di Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Pegunungan Arfak akan dilakukan secepatnya. Penutupan lokasi tambang emas ilegal itu, kata dia dipimpin langsung Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw.

"Kami sepakat untuk menutup lokasi tambang emas ilegal itu dengan tindakan tegas dan terukur. Sementara untuk langkah-langkah konkretnya kami serahkan kepada Gubernur," jelasnya.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT