Danrem 172 Praja Wira Yakti Brigjen TNI JO Sembiring. (Foto : iNews/Edy Siswanto)
Edy Siswanto, Andrew Chan

JAYAPURA, iNews.id - Aksi kekerasan dan pembunuhan terus dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap warga sipil. Setelah membantai 13 warga sipil di Kabupaten Nduga, KKB kembali membunuh seorang pendulang emas di Korowai, perbatasan Kabupaten Yahukimo dan Asmat, Selasa (19/7/2022) malam.

Dalam video yang mereka rilis, KKB menunjukkan kepala seorang pendulang emas yang dipenggal karena dituding sebagai intelijen aparat. Aksi keji ini dilakukan KKSB Kodap 16 Wilayah Yahukimo pimpinan Bocor Sobolim. 

"Ingat, kami tidak akan main-main. Kami bukan bunuh, buang jenazah. Tapi sekarang kami bawa pulang kepala. Kepalanya ada di honai ini," kata Bocor Sobolim, pimpinan KKB Yahukimo dalam rekaman video, Rabu (20/7/2022).

Sementara Danrem 172 Praja Wira Yakti Brigjen TNI JO Sembiring menyebut jika tidak benar tudingan KKB. Korban murni warga sipil yang mencari nafkah di wilayah pendulangan.

"Akses ke wilayah pendulangan ini sangat jauh di dalam hutan dan hanya bisa diakses dengan helikopter. Tidak ada intel di sana yang ada masyarakat. Kami akan berkoordinasi dengan pemkab setempat," katanya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal yang dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Iya benar, kasus pembunuhan terhadap korban atas nama Azis yang saat ini kasusnya ditangani Polres Pegunungan Bintang,” ujar Kamal.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT