Korban terluka akibat perkelahian warga dua desa di Tolikara saat dibawa ke RSUD Wamena. (Foto : Humas Polda Papua)
Donald Karouw

KARUBAGA, iNews.id - Perkelahian antara dua kubu masyarakat terjadi di Kabupaten Tolikara, Papua. Dalam peristiwa ini, empat orang terluka akibat terkena benda tajam dan kini dalam penanganan intensif di RSUD Wamena.

Informasi diperoleh, pertikaian ini melibatkan warga Desa Kogome dan Kimibur pada Minggu (25/9/2022). Kronologi bermula dari adanya pengeroyokan salah satu kelompok warga yang terjadi pada Sabtu (24/9/2022).

Wakapolres Tolikara AKP D Togatorop mengatakan, identitas keempat korban terluka yakni Soni Wunungga (luka di bagian bawah lengan kiri), Openus Wandik (luka panah di bagian belakang sebelah kanan), Erik Wandik (luka tusuk di bagian perut), Dekinus kogoya (luka bagian perut).

“Situasi pascapertikaian saat ini dalam keadaan kondusif, namun belum ada titik terang dari kedua desa sehingga aparat bersiaga di tempat kejadian guna mencegah aksi saling serang lanjutan dari masing-masing kubu,” ujar Wakapolres, Minggu (25/9/2022).

Menurutnya, ada ratusan personel telah dikerahkan di perempatan Jalan Kogome, tidak jauh dari Pasar Kuragame, Kota Karubaga.

"Di TKP sudah ada kurang lebih 200 personel kami terjunkan untuk mengamankan situasi, sekaligus mencegah jatuhnya korban atau aksi perusakan rumah-rumah warga lainnya,” katanya.

Wakapolres mengajak seluruh masyarakat yang ada di sekitar TKP agar tidak terprovokasi atas isu-isu negatif. Kepada masyarakat yang bertikai saat ini kiranya tidak terpancing dan termakan emosi.

“Kami mengajak kedua kelompok duduk membahas hal ini dengan baik, tidak harus dengan kekerasan dan pertikaian seperti ini. Kami sebagai anggota Polri selalu siap menjadi penengah dalam penyelesaian setiap masalah yang terjadi di tengah masyarakat,” ucapnya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT