Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. (Foto : Humas Polda Papua)
Donald Karouw

JAYAPURA, iNews.id - Polda Papua memastikan situasi di Kabupaten Nduga saat ini aman dan kondusif. Hal itu disampaikan langsung Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Menurutnya, secara keseluruhan situasi keamanan di Kota Kenyam, ibu kota Nduga mulai membaik usai penembakan dan pembantaian 13 warga sipil oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

“Pagi ini situasi di Kenyam Kabupaten Nduga secara komulatif relatif aman dan kondusif. Aktivitas masyarakat dan pelayanan publik berjalan dengan baik,” ujar Kamal, Rabu (20/7/2022).

Bahkan, situasi perekonomian juga sudah mulai berjalan. Msyarakat juga sudah mulai mempersiapkan untuk membuka tokonya atau tempat jualannya.

“Ada beberapa masyarakat yang persiapan untuk membuka tokon atau tempat jualannya untuk aktivitas perekonomian,” katanya.

Menurutnya, aparat gabungan di Nduga telah mengevakuasi satu jenazah lagi korban penembakan KKB. Saat itu sempat terjadi kontak tembak yang jaraknya kurang lebih 8 Km dari Kota Kenyam, yang masih di pinggiran kota.

“Namun memang kemarin kita melakukan kegiatan pengambilan jenazah dan terjadi kontak tembak,” ucapnya.

Diketahui, dalam peristiwa pembantaian ini ada 13 warga sipil yang tewas ditembak KKB. Bahkan ada perempuan korban selamat yang mengaku nyaris diperkosa anggota KKB. Meski selamat, suami dari perempuan tersebut dibunuh KKB. 


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT