Ilustrasi pembakaran Kantor Distrik Kebo Paniai. (Foto: Banda Haruddin Tanjung/MNC Portal)
Antara

JAYAPURA, iNews.id - Satreskrim Polres Paniai telah mengantongi nama-nama tiga pelaku pembakaran Kantor Distrik Kebo, Kabupaten Paniai, pada Jumat (30/9/2022). Identitas para pelaku terungkap usai polisi memeriksa Kepala Distrik Kebo beserta jajaran.

"Tiga orang diduga sebagai pelaku pembakaran kantor distrik, yakni IG, MG, dan DG," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat dikonfirmasi, Sabtu (1/10/2022).

Diketahui, aparat kampung diduga membakar Kantor Distrik Kebo, Kabupaten Paniai, pada Jumat (30/9/2022) sekitar pukul 11.30 WIT. Pelaku kesal diduga karena honor aparat kampung dan pembagian BLT BBM tidak merata.

Kamal menerangkan, berdasarkan laporan yang diterima, insiden tersebut berawal saat kepala distrik, staf Dinas Sosial, dan petugas pendamping distrik selesai mengantarkan dana BST dan BLT BBM yang diserahkan kepada para kepala kampung.

Setelah pembagian BST sembako dan bantuan langsung tunai BLT BBM kepada masyarakat di Kantor Distrik Kebo, datang sekelompok orang yang merupakan aparat kampung dalam keadaan dipengaruhi minuman keras sambil membawa alat tajam ke Kantor Distrik Kebo lalu melakukan pembakaran kantor tersebut.

"Motif sementara pembakaran Kantor Distrik Kebo dilakukan karena para pelaku kecewa honor aparat kampung dan pembagian BLT di Kampung Kebo 1, Distrik Kebo, tidak dibayarkan sesuai dengan daftar sehingga hal tersebut memicu terjadinya aksi pembakaran," kata Kamal.

Dia menyatakan, kasus pembakaran Kantor Distrik Kebo kini dalam proses penyelidikan dan penyidikan Satuan Reserse Kriminal Polres Paniai.


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT