Petugas saat cek lokasi pos polisi yang coba dibakar KKB di Tanjakan Lapar, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. (Foto : Humas Polda Papua)
Donald Karouw

JAYAPURA, iNews.id - Pos polisi yang sedang dalam tahap pembangunan di Tanjakan Lapar, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah nyaris dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB), Minggu (13/11/2022). Namun api tak sampai membesar sehingga bangunan tak sampai terbakar.

Informasi diperoleh, pelaku percobaan pembakaran ini diduga KKB dari kelompok kepala air pimpinan Jecky Waker.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, awalnya sempat terdengar suara letusan senjata api jenis Revolver sebanyak 2 kali dari arah pos polisi yang sedang dibangun tersebut pada pukul 20.55 WIT.

Kemudian 10 menit berselang, Kapolsek Ilaga mendapat informasi dari masyarakat apabila pos polisi sedang dibakar KKB. Mendengar informasi tersebut, Kapolsek bersama anggota menuju TKP untuk mengeceknya.

“Saat Kapolsek bersama anggotanya tiba, tidak ditemui adanya pembakaran lalu mereka kembali ke Polsek,” katanya, Minggu (13/11/2022).

Keesokan harinya pukul 08.30, Wakapolres Puncak bersama personel menuju TKP untuk kembali mengecek informasi tersebut.

“Setiba di TKP, Wakapolres bersama personel kemudian melihat adanya indikasi percobaan pembakaran di pos polisi karena ditemukan pohon ranting berserakan dalam keadaan terbakar berada di dalam pos,” ucapnya.

Menurutnya, pos tersebut tidak ikut terbakar karena api tidak membesar sehingga kondisi bangunan masih dalam keadaan utuh. Di lokasi juga ditemukan secarik kertas dan sebuah parang diduga milik KKB.
 
“Diduga KKB yang melakukan pembakaran tidak terima dengan adanya pospol yang dibangun di Kompleks Pancuran Tanjakan Lapar. Lokasi ini jadu akses perlintasan Pok KKB tersebut,” katanya.

Saat ini, polisi masih melakukan pengembangan kasus serta berpatroli di sekitar TKP guna mengantisipasi adanya aksi serangan dan menutup pergerakan KKB ke dalam Kota Illaga.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT