KRI Sorong, kapal perang jenis tanker yang telah bertugas melewati tiga masa pemerintan di Indonesia. (Foto : YouTube)

JAKARTA, iNews.id - KRI Sorong 911, sebuah cerita kapal perang jenis tanker yang berlayar 3 masa menjadi sejarah bagi militer Angkatan Laut Indonesia. Kendati tampilan kapal perang ini kurang, tetapi sangat membantu Indonesia.

KRI Sorong 911 beroperasi hingga umur 56 tahun dan telah melewati 3 masa yaitu orde lama, order baru hingga era reformasi. Sepanjang perjalanannya, kapal tanker pembantu ini mampu melakukan beberapa operasi dan operasionalnya resmi diberhentikan pada tahun 2021.

Berikut beberapa fakta KRI Sorong 911 :

1. Penamaan KRI Sorong 911

KRI Sorong 911 diambil dari sebuah kota di Papua yang merupakan pintu gerbang dan masuk ke Papua melalui arah Barat yaitu Sorong.

Kota Sorong di Papua merupakan kota penting saat perebutan Irian Jaya karena letaknya yang strategis dan mempunyai minyak cukup besar. 

2. Tampilan KRI Sorong 911

KRI Sorong 911 merupakan jenis kapal tanker pembantu cair minyak yang dibuat dan digalang oleh Trogir Shipyard, Yugoslavia. Pada tahun 1964, kapal ini digunakan oleh TNI AL.

Kapal tanker ini memiliki panjang 112 m dan lebar 15,4 m dengan kapasitas muatan bahan bakar sebanyak 3.000 ton. 

KRI Sorong 911 mempunyai tampilan yang tidak semenyeramkan kapal perang lainnya dan harus dikawal kapal Korvet atau Fregat. Hal tersebut karena senjata yang dibawa KRI Sorong 911 ini sangat terbatas, tetapi keunggulannya juga luar biasa.

Keunggulan dari KRI Sorong 911 di antaranya mampu membawa bahan bakar hingga 3.000 ton dan stok air hingga 300 ton. Kemampuan ini bisa mendukung misi tempur jarak jauh. 

Kapal ini memiliki berat kosong mencapai 4.090 ton dan berat penuh mencapai 5.100 ton. Namun dalam kondisi tertentu, kapal ini dapat mencapai bobot 8.700 ton dengan karbo seberat 3.300 ton.

Kapal ini juga dapat melakukan pembekalan di laut, merupakan cara pengisian atau pengiriman logistik maupun personel dari kapal ke kapal agar tetap berlayar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya sehingga bisa mengefisiensi waktu. 


Editor : Donald Karouw

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3


Artikel Terkait

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network